PERAN GURU PADA KEGIATAN LITERASI DAN REDHATON



PERAN GURU PADA KEGIATAN LITERSI DAN REDATHON
Literasi merupakan usaha sadar dalam pembiasaan membaca 15(lima belas) menit sebelum pelajaran utama dimulai, tentunya setelah membaca doa bersama dan yel-yel penyemangat sebagai pembuka kegiatan belajar mengajar dilanjut membaca buku bacaan dari perpustakaan dengan beraneka ragam judul bacaan, sehingga dalam satu tahun ajaran siswa akan mengenal dan mendalami berbagai buku tidak seperti tempo doeloe hanya buku “ini budi dan buku mata pelajaran saja”.
Kegiatan literasi ini sangat menambah wawasan siswa dalam menambah pengetahuan dan pengalaman yang didapat dari buku-buku tersebut, sehingga akan muncul kreatifitas siswa untuk mencoba dan melakukan experimen sendiri maupun kelompok dilingkunganya dan akan berguna bagi dirinya kelak dikemudian hari.
Sedangkan Redathon merupakan kegiatan berencana melakukan membaca bersama pada tempat terbuka seperti halaman sekolah atau lapangan dengan bimbingan dan arahan guru sehingga semua peserta aktif dan masing-masing memegang sebuah buku.Kegiatan Redathon dilakukan sekali seminggu.
Motivasi yang muncul dari kegiatan ini adalah memicu siswa untuk berlomba mencari judul buku yang menarik dan bacaan yang menyenangkan, dari kegiatan ini muncul dari diri anak untuk terampil membaca nyaring demi kawan-kawan sekelilingnya.
Dimana posisi guru dalam kegiatan ini? sudah pasti guru akan memposisikan diri dan menjadi tauladan bagi para peserta redathon karena guru telah mencangkok tauladan dari pahlawan pendidikan yakni bapak kita Ki hajar dewan tara dengan piwuruknya yang dikenang senpanjang hayat ,”TUTWURI HANDAYANI, INGA MADYA MANGUN KARSO, INGARSO SUNGTULODO”, Dibelakang memberikan dorongan, ditengah membangun semangat, didepan memberikan contoh yang baik. Disini pasti guru ikut membaca dan membaur diantara siswa tidak menempati tempat khusus secara terpisah, panas sama kepanasan hujan sama kebasahan, berdiri sama tinggi duduk sama rendah sehingga tercipta suasana yang selaras dan menyenangkan bagi siswa-siswanya.
Ribuan judul buku akan terbaca oleh siswa dan guru, sehingga perpustakaan akan terjamah dan terpelihara, buku lecek karena bekas baca bukan rusak karena lapuk di rak buku tanpa sentuhan anak.dengan kegiatan ini peran guru dan siswa sama-sama aktif dan efesien serta berdaya guna dalam lingkup dunia pendidikan, siswa semangat, guru penyemangat suasana hidup dan bermakna, selamat melakuka literasi secara rutinitas dan redathon secara berkala, jadikan sekolah anda sekolah yang dicintai siswa-siswinya, selamat berakt
ivitas.














persembahan dari Sutara,S.Pd
SDN Waringin I kec.Palasah
hp 085295455485
foto kegiatan Literasi Kiara Payung jawa barat 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Milik Moal Pahili Bagja Pada Boga

DAG DIG DUG DI GADOG

JANGAN TINGGALKAN KAMI GURUKU