PERAN GURU PADA KEGIATAN LITERASI DAN REDATHON
PERAN GURU PADA KEGIATAN LITERSI DAN REDATHON
Literasi merupakan usaha sadar dalam pembiasaan
membaca 15(lima belas) menit sebelum pelajaran utama dimulai, tentunya setelah
membaca doa bersama dan yel-yel penyemangat sebagai pembuka kegiatan belajar mengajar
dilanjut membaca buku bacaan dari perpustakaan dengan beraneka ragam judul
bacaan, sehingga dalam satu tahun ajaran siswa akan mengenal dan mendalami
berbagai buku tidak seperti tempo doeloe hanya buku “ini budi dan buku mata
pelajaran saja”.
Kegiatan literasi ini sangat menambah wawasan siswa
dalam menambah pengetahuan dan pengalaman yang didapat dari buku-buku tersebut,
sehingga akan muncul kreatifitas siswa untuk mencoba dan melakukan experimen
sendiri maupun kelompok dilingkunganya dan akan berguna bagi dirinya kelak
dikemudian hari.
Sedangkan Redathon merupakan kegiatan berencana
melakukan membaca bersama pada tempat terbuka seperti halaman sekolah atau
lapangan dengan bimbingan dan arahan guru sehingga semua peserta aktif dan
masing-masing memegang sebuah buku.Kegiatan Redathon dilakukan sekali seminggu.
Motivasi yang muncul dari kegiatan ini adalah memicu
siswa untuk berlomba mencari judul buku yang menarik dan bacaan yang
menyenangkan, dari kegiatan ini muncul dari diri anak untuk terampil membaca
nyaring demi kawan-kawan sekelilingnya.
Dimana posisi guru dalam kegiatan ini? sudah pasti
guru akan memposisikan diri dan menjadi tauladan bagi para peserta redathon
karena guru telah mencangkok tauladan dari pahlawan pendidikan yakni bapak kita
Ki hajar dewan tara dengan piwuruknya yang dikenang senpanjang hayat ,”TUTWURI
HANDAYANI, INGA MADYA MANGUN KARSO, INGARSO SUNGTULODO”, Dibelakang memberikan
dorongan, ditengah membangun semangat, didepan memberikan contoh yang baik.
Disini pasti guru ikut membaca dan membaur diantara siswa tidak menempati
tempat khusus secara terpisah, panas sama kepanasan hujan sama kebasahan,
berdiri sama tinggi duduk sama rendah sehingga tercipta suasana yang selaras
dan menyenangkan bagi siswa-siswanya.
Ribuan judul buku akan terbaca oleh siswa dan guru,
sehingga perpustakaan akan terjamah dan terpelihara, buku lecek karena bekas
baca bukan rusak karena lapuk di rak buku tanpa sentuhan anak.dengan kegiatan
ini peran guru dan siswa sama-sama aktif dan efesien serta berdaya guna dalam
lingkup dunia pendidikan, siswa semangat, guru penyemangat suasana hidup dan
bermakna, selamat melakuka literasi secara rutinitas dan redathon secara
berkala, jadikan sekolah anda sekolah yang dicintai siswa-siswinya, selamat
berakt
ivitas.
persembahan
dari Sutara,S.Pd
SDN
Waringin I kec.Palasah
hp
085295455485
foto
kegiatan Literasi Kiara Payung jawa barat 2017
Komentar
Posting Komentar